Karakteristik Perilaku Individu dengan Cara Belajar Visual
Individu yang memiliki kemampuan belajar visual yang baik ditandai dengan ciri-ciri perilaku sebagai berikut:
1. rapi dan teratur
2. berbicara dengan cepat
3. mampu membuat rencana jangka pendek dengan baik
4. teliti dan rinci
5. mementingkan penampilan
6. lebih mudah mengingat apa yang dilihat daripada apa yang didengar
7. mengingat sesuatu berdasarkan asosiasi visual
8. memiliki kemampuan mengeja huruf dengan sangat baik
9. biasanya tidak mudah terganggu oleh keributan atau suara berisik ketika sedang belajar
10. sulit menerima instruksi verbal (oleh karena itu seringkali ia minta instruksi secara tertulis)
11. merupakan pembaca yang cepat dan tekun
12. lebih suka membaca daripada dibacakan
13. dalam memberikan respon terhadap segala sesuatu, ia selalu bersikap waspada, membutuhkan penjelasan menyeluruh tentang tujuan dan berbagai hal lain yang berkaitan.
14. jika sedang berbicara di telpon ia suka membuat coretan-coretan tanpa arti selama berbicara
15. lupa menyampaikan pesan verbal kepada orang lain
16. sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat "ya" atau "tidak’
17. lebih suka mendemonstrasikan sesuatu daripada berpidato/berceramah
18. lebih tertarik pada bidang seni (lukis, pahat, gambar) daripada musik
19. seringkali tahu apa yang harus dikatakan, tetapi tidak pandai menuliskan dalam kata-kataKarakteristik Perilaku Individu dengan Cara Belajar Auditorial
Individu yang memiliki kemampuan belajar auditorial yang baik ditandai dengan ciri-ciri perilaku sebagai berikut:
1.sering berbicara sendiri ketika sedang bekerja
2.mudah terganggu oleh keributan atau suara berisik
3.lebih senang mendengarkan (dibacakan) daripada membaca
4.jika membaca maka lebih senang membaca dengan suara keras
5.dapat mengulangi atau menirukan nada, irama dan warna suara
6.mengalami kesulitan untuk menuliskan sesuatu, tetapi sangat pandai dalam bercerita
7.berbicara dalam irama yang terpola dengan baik
8.berbicara dengan sangat fasih
9.lebih menyukai seni musik dibandingkan seni yang lainnya
10.belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada apa yang dilihat
11.senang berbicara, berdiskusi dan menjelaskan sesuatu secara panjang lebar
12.mengalami kesulitan jika harus dihadapkan pada tugas-tugas yang berhubungan dengan visualisasi
13.lebih pandai mengeja atau mengucapkan kata-kata dengan keras daripada menuliskannya
14.lebih suka humor atau gurauan lisan daripada membaca buku humor/komikKarakteristik Perilaku Individu dengan Cara Belajar Kinestetik
Individu yang memiliki kemampuan belajar kinestetik yang baik ditandai dengan ciri-ciri perilaku sebagai berikut:
1.berbicara dengan perlahan
2.menanggapi perhatian fisik
3.menyentuh orang lain untuk mendapatkan perhatian mereka
4.berdiri dekat ketika sedang berbicara dengan orang lain
5.banyak gerak fisik
6.memiliki perkembangan otot yang baik
7.belajar melalui praktek langsung atau manipulasi
8.menghafalkan sesuatu dengan cara berjalan atau melihat langsung
9.menggunakan jari untuk menunjuk kata yang dibaca ketika sedang membaca
10.banyak menggunakan bahasa tubuh (non verbal)
11.tidak dapat duduk diam di suatu tempat untuk waktu yang lama
12.sulit membaca peta kecuali ia memang pernah ke tempat tersebut
13.menggunakan kata-kata yang mengandung aksi
14.pada umumnya tulisannya jelek
15.menyukai kegiatan atau permainan yang menyibukkan (secara fisik)
16.ingin melakukan segala sesuatu
Friday, March 5, 2010
Karakterisitik cara belajar siswa
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment