Pages

Friday, April 9, 2010

UAS Pengantar Teknologi Informasi


UJIAN AKHIR SEMESTER

Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi

Program Study : Teknologi Pembelajaran

Semester/ Kelas : 1/ A

Dosen : Dr. H. Hudian Hernawan, M.Si


1. Blog

Blog atau adalah buku harian online yang harus diisi terus menerus secara periodik. Awalnya blog hanya dimiliki oleh kalangan artis dan selebriti saja karena pada saat itu membuat blog membutuhkan banyak biaya yang tidak sedikit. Salh satunya dalah biaya untuk pembuatan desain, pembelian domain, sewa hosting sampai dengan maintenance blog itu sendiri. Disamping itu diperlukan pengetahuan khusus tentang bahasa pemrograman internet seperti PHP dan MySQL.

Zaman terus berkembang dari masa ke masa, kemudahan untuk membuat blog pun mulai Nampak dengan bermunculanya situs – situs yang menyediakan blog secara free alias gratis, selain gratis cara pembuatan dan segalanya juga lebih mudah. Salah satu dari situs itu adalah Blogger.com dan Wordpress.com.

Blogger.com yang awalnya dimiliki oleh PyraLab dan sekarang diakuisi oleh Google merupakan situs yang pertama kai mempopulerkan blog pada tahun 2002

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan – perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Blog dapat digunakan oleh kita sebagai praktisi pendidikan dengan tujuan sebagai media untuk berkomunikasi dan mempublikasikan diri, menciptakan kemampuan pemanfaatan communication technology, memanfaatkan peranan internet sebagai sumber belajar, jembatan penghubung dengan semua orang terutama antara guru dan siswa, sebagai sarana untuk berbagi ilmu juga.

Banyak sekali jenis – jenis blog yang dapat kita ketahui seperti :

a. Blog Politik

b. Blog Pribadi

c. Blog Kesehatan

d. Blog Sastra

e. Blog Perjalanan

f. Blog Riset

g. Blog Hukum

h. Blog Media

i. Blog Agama

j. Blog Pendidikan

k. Blog Kebersamaan

l. Blog Petunjuk

m. Blog Bisnis

n. Blog Pengejawantahan

o. Blog Pengganggu

Pertanyaan yang muncul sekarang adalah, bagaimana cara membuat blog dengan mudah cepat gratis namun tetap bisa eksentrik? Berikut langkah – langkah pembuatan blog di blogger.com biar gretong :

1. Yang pasti harus punya alamat e-mail terlebih dahulu

2. Buka www.blogger.com

3. Mulai membuat blog dengan meng klik Ciptakan Blog Anda Sekarang




4. Mengisi form, isilah form tersebut dengan benar dan sesuai.

Contoh:

5. Setelah selesai mengisi form berilah nama blog anda sesuai dengan keinginan.

6. Selanjutnya memilih template. Namun nanti setelah blog sudah jadi anda juga bias mengubah template lagi.

7. Memulai posting

8. Mengetik posting dan mempublikasikan…

Siipp akhirnya blog jadi juga…he

NB : template dan aksesoris lainnya bias d tambahkan dengan cara yang mudah…salah satu situs penyedia template adalah ipietoon.com.

2. Matematika Biner

Matematika bineryaitu sebuah konsep penghitungan binary berbasis dua, dimana hal ini nantinya akan berkaitan dengan proses komputasi logika sebagai prinsip kerja mesin computer.

Perbedaan mendasar dari metoda biner dan desimal adalah berkenaan dengan basis. Jika desimal berbasis 10 (X10) berpangkatkan 10x, maka untuk bilangan biner berbasiskan 2 (X2) menggunakan perpangkatan 2x. Sederhananya anda perhatikan contoh di bawah ini!

Untuk Desimal:

14(10) = (1 x 101) + (4 x 100)

= 10 + 4

= 14

Untuk Biner:

1110(2) = (1 x 23) + (1 x 22) + (1 x 21) + (0 x 20)

= 8 + 4 + 2 + 0

= 14

Bentuk umum dari bilangan biner dan bilangan desimal adalah :

Biner

1

1

1

1

1

1

1

1

11111111

Desimal

128

64

32

16

8

4

2

1

255

Pangkat

26

25

25

24

23

22

21

20

X1-6

* Aritmatika Biner

Pada bagian ini akan membahas penjumlahan dan pengurangan biner. Perkalian biner adalah pengulangan dari penjumlahan; dan juga akan membahas pengurangan biner berdasarkan ide atau gagasan komplemen.

* Penjumlahan Biner

Penjumlahan biner tidak begitu beda jauh dengan penjumlahan desimal. Perhatikan contoh penjumlahan desimal antara 167 dan 235!

1 à 7 + 5 = 12, tulis “2” di bawah dan angkat “1” ke atas!

167

235

---- +

402

Seperti bilangan desimal, bilangan biner juga dijumlahkan dengan cara yang sama. Pertama-tama yang harus dicermati adalah aturan pasangan digit biner berikut:

0 + 0 = 0

0 + 1 = 1

1 + 1 = 0 à dan menyimpan 1

sebagai catatan bahwa jumlah dua yang terakhir adalah :

1 + 1 + 1 = 1 à dengan menyimpan 1

Dengan hanya menggunakan penjumlahan-penjumlahan di atas, kita dapat melakukan penjumlahan biner seperti ditunjukkan di bawah ini:

1 1111 à “simpanan 1” ingat kembali aturan di atas!

01011011 à bilangan biner untuk 91

01001110 à bilangan biner untuk 78

------------ +

10101001 à Jumlah dari 91 + 78 = 169

3. Pemrograman

Pemrograman adalah kumpulan urutan perintah yang disusun sedemikian rupa, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer (bahasa pemrograman) sehingga komputer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai.

Langkah – langkah membuat program :

1. Mendefinisikan permasalahan dan membuat rumusan untuk pemecahan masalah

2. Implementasi

3. Kompiling

4. Menguji coba dan membuat dokumentasi

4. Multimedia

Multimedia dapat diartikan dengan penggunaan beberapa media atau lebih dari satu media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi dan video. Selain itu Multimedia dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)

Awalnya multimedia bukan dari dunia cyber atau computer tapi dari dunia teater dimana dalam melakukan pertunjukannya memanfaatkan lebih dari satu medium. Namun sekarang multimedia dapat digunakan dalam berbagai hal seperti :

1. Dalam bidang pendidikan

2. Bidang jaringan dan internet

Dengan adanya multimedia dapat mengubah tempat kerja, cara belanja, cara bisnis, mengubah cara memperoleh informasi, dan juga dapat mengubah cara belajar.

5. Internet

Apa itu internet?

· Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif

· Menurut Lani Sidharta (1996) : walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi

· Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di Internet seperti pendidikan, bisnis, hiburan.

Sejarah internet :

Tahun 1969 – 1972 :

· Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

· Melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

· Setelah ARPANET diperkenalkan secara umum dan berkembang begitu pesat, maka kemudian ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Tahun 1969 - 1972

· Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

· Melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

· Proyek ARPANET diawali dengan hanya membentuk jaringan terpadu antara Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu

· Setelah ARPANET diperkenalkan secara umum dan berkembang begitu pesat, maka kemudian ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Istilah-Istilah Penting dalam Internet :

  1. Wifi (Wireless Fidelity) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel
  2. Hotspot Jangkauan dari jaringan WiFi
  3. ISP (Internet Service Provider) merupakan sebuah perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor, dan organisasi dapat memanfaatkan internet
  4. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yaitu komunikasi jaringan Internet dengan kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk tidak sama dengan sinyal yang keluar (asimetris).
  5. Modem (Modulation demodulation) alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya

WWW Adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen Web disebut Web Page dan link dalam Web menyebabkan user bisa pindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui Web Browser.

Makna Alamat URLhttp://www.yahoo.co.id/index.php

  • http: singkatan dari HyperText Transfer Protocol, adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web
  • www : world wide web
  • yahoo: nama situs
  • co.id: ekstensi nama domain
  • index.php : file atau dokumen
  • Prinsip Pengaksesan

Generic Domain

.com atau .co : digunakan untuk komersial

.net : digunakan untuk penyedia jaringan internet

.org atau .or : digunakan untuk organisasi non komersial

.edu atau .ac : digunakan untuk lembaga pendidikan

.gov atau .go : digunakan untuk lembaga pemerintahan

.mil : digunakan untuk kemiliteran

Country Domain Merupakan domain yang diberikan untuk mencirikan negara dari internet domain name, contoh:

.id untuk negara Indonesia

.jp untuk negara Japan

.sg untuk negara Singapura

.uk untuk negara United Kingdom

.us untuk negara United States

.au untuk negara Australia

.ca untuk negara Canada

0 comments:

Post a Comment

 

"Restu's Blog" Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template