Pages

Wednesday, February 10, 2010

Mata Lembu Khas Pameungpeuk


Sewaktu saya main ke daerah pantai Ranca Buaya Pamenugpeuk garut saya disuguhi mata lembu oleh kawan saya...awalnya bingung, aneh dan penasaran, makanan apakah ini??
lantas apa itu Mata Lembu?
Mata lembu yang serupa dengan keong batu laga termasuk gastropoda laut. Bentuknya mirip keong sawah, atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan tutut. Hanya, bentuknya lebih besar dan cangkangnya lebih tebal berwarna kehijauan dengan bercak putih di sekujur cangkangnya. Dagingnya cukup besar dan agak kenyal.
Pada bagian mulut mata lembu, ditutup dengan organ seperti batu mutiara dengan titik hitam memudar di bagian tengah. Jika dilihat sekilas, memang tampak seperti mata lembu atau kata orang sunda itu sapi yang berfungsi untuk menutup dan melindungi dirinya dari berbagai pengaruh dari luar ke dalam tubuh siput ini. Karena bentuknya mirip dengan mata lembu, keong itu dinamai mata lembu.
Habitat mata lembu biasanya berada di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa, namun banyak ditemukan di sejumlah pantai di Kab. Garut, di antaranya Pameungpeuk, Santolo, dan Rancabuaya. Kajian biologi menyebutkan, mata lembu cocok berada pada habitat perairan dengan pH 7-8, suhu 23o-280oC, salinitas 32-33 ppm, dan kandungan oksigen terlarut 3-5 ppm. Di samping itu, keong mata lembu lebih menyukai terumbu yang ditumbuhi tumbuhan laut jenis Sargassum sp.
Nilai ekonomis mata lembu cukup tinggi dan dapat dimanfaatkan daging maupun cangkangnya. Di pasaran, kerang mata lembu dijual seharga Rp 10.000,00/kg.
Untuk mendapatkan mata lembu, pencarian harus dilakukan malam hari. Saat gelap, mata lembu berkeliaran di seputar karang dan menuju bibir pantai, sehingga mudah untuk dicari.
konon katanya Kandungan protei mata lembu tinggi, juga bisa memberi efek bugar kepada masyarakat, terutama kaum pria.
Bagaiman cara memasak mata lembu?.
Cara memasaknya cukup mudah. Hanya direbus dalam air yang sudah diberi garam sekira 15-30 menit, lalu ditiriskan. Untuk membuka tutup cangkang yang mirip mata lembu itu perlu trik khusus, di antaranya dengan memukulkannya ke kayu dengan arah cangkang miring. Setelah rongga terbuka sedikit, gunakan tusuk gigi atau garpu kecil untuk menarik daging mata lembu ke luar cangkang.
Meski dimasak secara tradisional dan sederhana, hanya direbus dan dicelupkan ke dalam saus tomat, rasa mata lembu menjadi sangat nikmat.
jika main ke daerah selatan terutama Ranca buaya kita bisa menemukan Deretan rumah makan di pesisir pantai Rancabuaya yang menyajikan masakan mata lembu tersebut dengan harga Rp 15.000,00-Rp 25.000,00/kg. Eksotisme Pantai Rancabuaya menjadi teman setia di kala menyantap mata lembu, apalagi sambil menikmati matahari terbenam.
Potensi mata lembu sebagai makanan khas pesisir Pantai Garut selatan memang belum dimanfaatkan secara optimal, penyajiannya pun dalam porsi sederhana tanpa modifikasi bumbu ataupun bahan makanan pendamping lainnya.
Popularitas mata lembu memang masih kalah dibandingkan dengan masakan seafood lainnya, tetapi makanan ini khas dari pesisir Garut selatan. Kalau sudah pada tahu, pasti ingin mencoba...

0 comments:

Post a Comment

 

"Restu's Blog" Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template